Wednesday 19 January 2011

Terpenuhikah kebutuhan para TKI kita ?

TKI yang juga adalah manusia pada umumnya, memiliki beberapa kebutuhan. Beberapa pakar menyebutkan teori-teori terkait kebutuhan manusia, salah satu diantaranya adalah Abraham Maslow.
Abraham Maslow dilahirkan di Brooklyn, Newyork, pada 1908. Kuliah pertamanya di bidang hukum, namun pada akhirnya ia memilih mempelajari psikologi dan lulus dari Universitas Wisconsin pada tahun 1930 dengan memperoleh gelar Bachelor. Kemudian pada tahun 1931 ia memperoleh gelar Master, serta PhD pada 1934. Di kampus ia berkuliah, mentor utamanya yaitu Profesor Harry Harlow.
Kemudian, di Universitas Columbia ia memperdalam riset dan studinya masih pada subjek yang sama. Di kampus ini, mentornya adalah Alfred Adler, salah satu kolega awal dari Sigmund Freud.
Maslow terus memperdalam ilmunya, pada tahun 1937 hingga tahun 1951, kali ini di Brooklyn College New York, ia dibimbing  dua mentornya yaitu Ruth Benedict seorang antropologis, dan Max Wertheimer seorang Gestalt psikolog
Kedua orang mentor ini menarik  perhatian Maslow dalam mendalami perilaku manusia, kesehatan mental dan potensi manusia. Ia menulis dalam subjek subjek ini dengan mendalam.
Tulisannya dengan pengembangan yang signifikan banyak dipengaruhi oleh gagasan-gagasan psikologi. Kreasinya dalam penulisan berupa beberapa penambahan khususnya mencakup hirarki kebutuhan, berbagai macam kebutuhan, aktualisasi diri seseorang, dan puncak dari pengalaman. Maslow terbentuk sebagai pelopor aliran humanistik psikologi pada sekitar tahun 1950 hingga 1960-an. Ia pun dikenal sebagai “kekuatan ke tiga” di samping teori Freud dan behaviorisme.
Maslow menjadi profesor di Universitas Brandeis dari 1951 hingga 1969, dan menjadi resident fellow untuk Laughlin Institute of California. Pada tanggal 8 Juni 1970, pada saat berusia  62 tahun Ia meninggal karena serangan jantung.
Pada tahun 1967, Asosiasi Humanis Amerika menganugerahkan gelar Humanist of the Year.

Maslow menyebutkan bahwa manusia terdiri dari 5 kategori hirarki kebutuhan yaitu :
1.   Kebutuhan Fisiologis
Contohnya adalah : Sandang / pakaian, pangan / makanan, papan / rumah, dan kebutuhan biologis seperti buang air besar, buang air kecil, bernafas, dan lain sebagainya.
2.   Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan
Contoh seperti : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, bebas dari rasa sakit, bebas dari teror, dan lain sebagainya.
3.   Kebutuhan Sosial
Misalnya adalah : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.
4.   Kebutuhan Penghargaan
Contoh : pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.
5.   Kebutuhan Aktualisasi Diri
Adalah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya.

Dengan teori Maslow, kita dapat mengukur sejauhmana para TKI dapat terpenuhi kebutuhannya berdasarkan daftar pertanyaan berikut ini :
Pilih jawaban dengan angka sesuai di dalam kurung ( ) yaitu : (1) Sangat Tidak Terpenuhi, (2) Tidak Terpenuhi, (3) Terpenuhi, dan (4) Sangat Terpenuhi.

1.      Apakah Bapak / Ibu selaku TKI telah terpenuhi kebutuhan berupa pakaian yang nyaman dan terlindungi selama bekerja hingga pulang ke daerah asalnya ?
Jawaban : ………….

2.      Apakah Bapak / Ibu selaku TKI telah terpenuhi kebutuhan berupa makanan maupun minuman yang sehat, bergizi dan halal (bagi muslim) ?
Jawaban : ………….

3.      Apakah Bapak / Ibu selaku TKI di daerah asalnya telah terpenuhi kebutuhan berupa rumah yang di dalamnya cukup menampung semua anggota keluarga, berventilasi (saluran udara) baik, tersedia fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus), dinding bersih dan terang, lantai tidak licin atau membahayakan, beruang tamu dan berpintu ?
Jawaban : ………….

4.      Apakah Bapak / Ibu selaku TKI telah terpenuhi kebutuhan berupa adanya waktu luang untuk buang air besar (BAB), buang air kecil (BAK), dan waktu untuk menghirup udara segar sambil beristirahat sejenak?
Jawaban : ………….

5.      Apakah Bapak / Ibu selaku TKI selama bekerja telah terpenuhi kebutuhan berupa kebebasan dalam menggunakan waktu istirahat, cuti atau libur sesuai Perjanjian Kerja?
Jawaban : ………….

6.      Apakah Bapak / Ibu selaku TKI selama bekerja telah terpenuhi kebutuhan berupa kebebasan atas adanya ancaman selama dalam upaya pemenuhan target kerja dari majikan?
Jawaban : ………….

7.      Apakah Bapak / Ibu selaku TKI selama bekerja hingga saat pemulangan ke daerah asalnya telah terpenuhi kebutuhan berupa kebebasan atas adanya upaya-upaya yang menakutkan dari majikan?
Jawaban : ………….

8.      Apakah Bapak / Ibu selaku TKI telah terpenuhi kebutuhan berupa kebebasan atas adanya penekanan di luar ambang batas kemampuan manusia sehingga memudahkan mengalami sakit terlebih lagi adanya hukuman?
Jawaban : ………….

9.      Apakah Bapak / Ibu selaku TKI telah terpenuhi kebutuhan berupa kesempatan memiliki teman, kemudahan akses dengan keluarga seperti berkomunikasi melalui telepon maupun surat, dalam upaya pemenuhan kebutuhan memberi cinta, kasih sayang, kebahagiaan, keluh kesah, dan ketepatan jangka waktu pemulangan dalam pelaksanaan kontrak kerja?
Jawaban : ………….

10. Apakah Bapak / Ibu selaku TKI selama bekerja telah terpenuhi kebutuhan berupa pemberian pujian, piagam, tanda jasa atau hadiah bila mampu menunjukkan kemampuan bekerja, kreatifitas, inisiatif, penambahan upah jika kerja lembur, maupun peningkatan prestasi kerja?
Jawaban : ………….

11. Apakah Bapak / Ibu selaku TKI selama bekerja telah terpenuhi kebutuhan berupa adanya penerimaan dari majikan bilamana menunjukkan adanya usulan kreatif, inovatif sesuka hati sesuai minat dan bakatnya dalam upaya memberikan pelayanan terbaik?
Jawaban : ………….

Bilamana daftar pertanyaan semua telah terjawab, jumlahkan nilai jawaban Bapak / Ibu, kemudian lihat rentang nilai di bawah ini :

Sangat Tidak Terpenuhi          :           1 – di bawah 11
Tidak Terpenuhi                      :           11 – di bawah 22
Terpenuhi                                :           22 – di bawah 33
Sangat Terpenuhi                    :           33 – di bawah 44

Nah, selamat menjawab dan menilainya sendiri …
Bagikan daftar pertanyaan ini kepada saudara-saudara Bapak/Ibu yang pernah menjadi TKI …

Bila ada kritik membangun, berikan komentar dalam blog ini …

No comments:

Post a Comment